Selasa, 22 November 2016

Tugas Proses pembuatan iklan susu kedelai roso !! ( pak Poendik Soegiyanto ) By. HAW

IKLAN KOMERSIAL AUDIO VISUAL
“ SUSU KEDELAI ROSO”
LAPORAN IKLAN


Disusun oleh :
HASIRUL ANTA WIRAGA










PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA
SMK NEGERI 1 DRIYOREJO
Alamat : Jl. Mirah Delima KBD – Driyorejo, Gresik

TAHUN PELAJARAN 2016/2017




Nama siswa          : HASIRUL ANTA WIRAGA
No. Absen           : 24
Judul Proyek       : Iklan Komersial Audio Visual
“ SUSU KEDELAI ROSO”


KATA PENGANTAR

 Puji serta syukur kami panjatkan ke khadirat Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan laporan dengan judul “SUSU KEDELAI ROSO”. Laporan  ini disusun guna memenuhi tugas dari pembimbing Multimedia sekolah tempat saya melaksanakan sekolah.
Laporan project work ini dapat dibuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi maupun teknis, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :

1.     Drs. Suyono, MM. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Driyorejo serta segenap jajarannya yang telah memberikan kemudahan – kemudahan baik berupa moril maupun materil selama mengikuti pendidikan di SMK Negeri 1 Driyorejo.
2.     Poendik Soegiyanto, ST. selaku Guru Pembimbing Multimedia yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran dalam pelaksanaan bimbingan, pengarahan, dorongan dalam penyusunan laporan tugas ini.
3.     Teman – Teman semua di Kelas Multimedia SMK Negeri 1 Driyorejo
4.     Semua Pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penyusunan laporan tugas ini.

Akhirnya Penyusun berharap semoga Allah SWT memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Ya Robbal Alamiin.
                                                                           Gresik, 26 Oktober 2016

                                                                             (Hasirul Anta Wiraga )





DAFTAR ISI
Nama Produk…………………………………………               i
Kata Pengantar……………………………………….                ii
Daftar Isi……………………………………………..                iii

BAB I PENDAHULUAN
                   1.1 Latar Belakang………………………                 4

BAB II TENTANG PRODUK
                   2.1 Gambaran Produk/Jasa……………...                 5
                             2.1.1 Keunggulan………………...                  5
                             2.1.2 Kegunaan…………………...                  5
                   2.2 Sasaran Pasar/Pengguna…………….                 5

BAB III PROSES PRODUKSI
                   3.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan……                  6
                   3.2 Alat dan Bahan……………………...                 6
                   3.3 Ide cerita…………………………….                 7
                   3.4 Hasil yang Dicapai………………….                  7
                  
BAB IV HASIL TEMUAN
                    4.1 Keterlaksanaan……………………..                  8
                   4.2 Manfaat……………………………..                  8
                   4.3 Pengembangan……………………...                  9

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
                   5.1 Kesimpulan dan Saran……………....                 10
                             5.1.1 Kesimpulan...............................                10
                             5.1.2 Saran.........................................                 10

BAB VI PENUTUP
                    6.1 Penutup…………………………….                  11





 BAB I
PENDAHULUAN
        
1.1           LATAR BELAKANG
Pada saat ini minuman khas daerah susah untuk dicari karena sekarang banyak para produsen minuman yang membuat produk minuman baru yang mampu menarik minat pembeli. Maka penulis membuat Iklan Komersial Audio Visual dengan produk minuman yang berjudul “ Susu Kedelai Roso” yang terdapat di daerah sekitar kami. Dengan adanya iklan ini kami berharap bisa memperkenalkan produk ini di masyarakat dan dapat membuat para penyimak mengetahui keunggulan yang terdapat pada produk kami ini.

1.2     TUJUAN
Tujuan penulis membuat iklan ini yaitu :
1. Memperkenalkan minuman tradisional berupa minuman daerah kami.
2. Mendorong calon pelanggan untuk melakukan pembelian produk  minuman ini .
3. Sebagai salah satu syarat tugas  dalam program keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Driyorejo.

















BAB II
TENTANG PRODUK

2.1    Gambaran Produk
Iklan Komersial Audio Visual yang berjudul “ SUSU KEDELAI ROSO ” iklan ini berdurasi kurang lebih  40 detik. Merupakan iklan yang mengandung unsur memperkenalkan produk minuman kepada masyarakat agar lebih mengenal keunggulan dari minuman ini. Untuk generasi penerus agar lebih mencintai produk-produk dalam negeri.
2.1.1  Keunggulan
Iklan Komersial Audio Visual ini dikemas secara sederhana tanpa mengubah nilai dan makna yang terkandung di dalamnya agar mudah dimengerti oleh penonton dan kalangan masyarakat muda maupun tua.
2.1.2   Kegunaan
Kegunaan yang pertama adalah sebagai bahan edukasi untuk masyarakat agar mulai mencintai dan mengenal keunggulan minuman Susu Kedelai Roso ini atau pun lebih mencintai produk dalam negeri..

2.2    Sasaran Pasar / Pengguna
          Adapun sasaran pasar/pengguna dari Iklan Komersial Audio Visual ini adalah semua umur dari anak- anak hingga orang dewasa untuk turut mengenal keunggulan dari Susu Kedelai Roso.















BAB III
PROSES PRODUKSI

3.1    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
a.     Waktu pelaksanaan
Rincian waktu pelaksanaan tercantum dalam table berikut :

Persiapan ide cerita        : 26 - Oktober – 2016
Penyusunan script                   : 26 – Oktober – 2016
Shooting                        : 2 – Oktober – 2016
Editing                           : 2 – Oktober – 2016
Finishing                        : 2 – Oktober – 2016
 

b.     Tempat Pelaksanaan
Tempat dimana penulis berproduksi adalah:
1.     lingkungan dan Lab. multimedia SMK N 1 Driyorejo, sebagai tempat dimulainya pencarian ide, merancang script, editing hingga finishing.


3.2    Alat dan Bahan
          Adapun alat yang digunakan dalam proses produksi diantaranya :
No
Nama Alat
Spesifikasi
Jumlah
Pemilik
1
Camera DSLR
Canon 700D
1
Sekolah
2
Tipod
Standar
1
Sekolah
3
Komputer
Intel Core i3
1
Sekolah

          Sedangkan bahan yang digunakan diantaranya :
No
Nama Bahan
Spesifikasi
 Satuan
Jumlah
1
Memory
Sandisck
Buah
1
2
Kertas stiker
A4
Pack
1
3
Cutter + Penggaris
-
Buah
1
4
Kertas HVS
70 GSM
Pack
1









3.3           Ide cerita

     Ada anak remaja sedang kelelahan setelah olahraga, kemudian temannya pun menghampiri teman yang sedang kelelahan, kemudian bertanya dan ternyata dia tau kalau temannya kelelahan dan langsung bergegas pergi kemudian kembali membawa Susu Kedelai yang sangat segar, anak yang kelelahan langsung meminunnya dan kembali semangat lagi dalam melakukan aktivitas.


3.4    Hasil yang Dicapai
Penulis berhasil menyelesaikan sebuah Iklan Komersial Audio Visual bertemakan produk minuman diberi judul “ Susu Kedelai Roso ” . Iklan tersebut telah dikemas dalam sebuah video yang menarik.





















BAB IV
HASIL TEMUAN
4.1    Keterlaksanaan
          A. Faktor Pendukung
Adapun faktor pendukung dalam keterlaksanaan produksi iklan ini sejatinya tidak lain adalah dari pembimbing multimedia, guru pembimbing dan juga teman-teman yang bersedia memberikan saran, kritik dan solusi. Mereka telah banyak membantu dalam proses produksi dan juga editing. Kerjasama dari teman-teman telah menjadi faktor utama yang mendorong kinerja penulis dalam kegiatan awal hingga akhir. Selain itu ada beberapa faktor pendukung lainnya yang menunjang kinerja penulis :
1.     Fasilitas Wifi SMKN 1 Driyorejo yang banyak membantu meringankan biaya untuk mendapatkan tutorial, refrensi dan soundtrack.
2.     Komputer Lab Multimedia yang penulis gunakan dalam proses editing karena memiliki spesifikasi yang cukup memadai.
3.     Dan alat-alat pendukung seperti : kamera, tripod, microphone, komputer, dan lain-lainnya. Dengan pinjaman tersebut penulis dapat menyelesaikan tugas ini.

B. Faktor Penghambat
          Beberapa faktor berikut adalah hal yang telah banyak menyita waktu sehingga banyak waktu yang terbuang, berikut adalah faktor penghambat dalam proses produksi Iklan Komersial Audio Visual kali ini :
1.     Sulitnya mencari talent yang sesuai dengan karakter pada pemeran.
2.     Pengambilan gambar dengan talent anak-anak remaja penulis agak kesusahan dalam mencari mood mereka yang tidak labil. Kadang suatu ketika mereka malas dan lebih suka memainkan handphone, sehingga penulis harus membujuk agar pengambilan gambar dapat berlanjut.

4.2    Manfaat
Dalam kegiatan kali ini beberapa manfaat yang bisa diambil diantaranya :
1.     Dapat memperdalam penggunaan software yang dipelajari dari kelas 10 sampai kelas 12, hingga dapat menyelesaikan Iklan Komersial Audio Visual tersebut.
2.     Memacu penulis untuk berkarya dan berkarya lagi dalam memproduksi sebuah tontonan yang berkualitas dan bermafaat bagi penonton.
3.     Penulis tersadar disiplin dan menejemen waktu yang baik adalah faktor paling penting untuk mencapai hasil yang memuaskan dan tepat batas waktu deadline.
4.     Kerjasama antar siswa yang semakin terpupuk dengan baik dan dari situlah muncul semangat seperjuangan untuk mencapai hasil yang maksimal.

4.3    Pengembangan
          Walaupun dalam melaksanakan tugas  Iklan Komersial Audio Visual ini sedikit menguras otak, membuat penulis tersadar bahwa tidak mudah memproduksi suatu iklan yang berkualitas. Ditambah dengan beberapa halangan dan waktu yang relatif singkat membuat penulis harus ekstra bekerja keras memikirkan setiap tahap produksi Iklan Komersial Audio Visual ini.
Untuk selanjutnya tentu penulis akan lebih melatih dan mendalami kemampuan dalam proses editing, penyuntingan gambar maupun video agar menunjang kemampuan  penulis setelah menyelesaikan program study di SMKN 1 Driyorejo.
          Belajar memenejemen waktu dan sikap baik serta disiplin yang tinggi  menjadi faktor penting untuk menjadi lulusan yang handal dan jika lulus dari dunia pendidikan. Pada intinya penulis dituntut untuk belajar dan berkarya dan tidak boleh berpuas diri dengan kemampuan yang penulis miliki saat ini.















BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1    Kesimpulan dan Saran
              5.1.1 Kesimpulan
          Untuk membuat karya dan menyelesaikan sebuah pekerjaan tepat waktunya, kita harus memiliki loyalitas dan mampu menjaga emosi, semangat dan kondisi tubuh agar tetap terfokus kepada pekerjaan. Faktor penghambat sudah seharusnya kita hadapi secara bijak. Untuk meraih hasil yang baik tentunya kita harus mengeluarkan banyak kemampuan dan ide segar. Segala sesuatunya membutuhkan banyak referensi. Dan yang penting adalah kedisiplinan serta menejemen waktu yang baik.
          Skill dan kemampuan selama menuntut ilmu 3 tahun terakhir benar-benar diujikan di ujian akhir guna mengukur sejauh mana kemampuan dan seberapa menguasaikah kita dibidang yang telah dipelajari selama ini.
          Seperti yang penulis alami pada proses pembelajaran kali ini, untuk menyelesaikan Iklan Komersial Audio Visual. Walaupun dengan kemampuan penulis yang sangat minim tapi berkat tekad dan usaha kerja keras penulis bisa mengerjakannya walaupun dengan hasil yang maksimal. Tapi semua itu saya tanamkan sebagai proses belajar yang dikemudian hari harus lebih baik dari sebelumnya.
                                    5.1.2 Saran
Tahun selanjutnya diharapkan para siswa lebih baik lagi dalam menyelesaikan tugas akhir ini. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin dan jangan pernah menunda nunda pekerjaan karena itu hanya menambah beban yang ada di pikiran.











BAB VI
PENUTUP
6.1    Penutup
          Demikian laporan iklan ini dibuat, semoga Bapak/Ibu guru pembimbing menyetujui dan puas dengan apa yang tercantum di dalam laporan tugas  ini dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pembuatan laporan iklan  ini.  Baik yang di sengaja maupun yang tidak disengaja. Akhir kata saya Ucapkan Terima kasih. 



hasil kemasan ane :  


Hasil video iklan ane :      



bisa liat di youtube bro disini : https://youtu.be/VgRsVwokuJQ









Tidak ada komentar:

Posting Komentar